PEKERJAAN BERNILAI 26,5 M DIDUGA BERALAMAT PALSU

Pengumuman pemenang lelang peningkatan struktur jalan. (Dok)

Kuala Tungkal – Bidas. Sungguh mengejutkan memang ketika menelisik pekerjaan PENINGKATAN STRUKTUR JALAN SIMPANG IV SUNGAI SAREN TELUK NILAU – PELABUHAN RORO (tanah lokal ke perkerasan) yang sampai saat ini, untuk mencari simpang IV sungai saren saja belum di temukan apa lagi pekerjaannya tersebut.

Pekerjaan ini menyedot APBD Tanjab Barat TA. 2017 yang tertera pada pagu pekerjaan sebesar Rp. 26.966.600.250,00 di lelangkan oleh DPUPR melalui ULP tanjab barat pada tanggal 17 Maret 2017 lalu dan berakhir dengan tahapan penandatanganan kontrak pada 18 April 2017, yang pemenangnya PT. BERINGIN CITRA LESTARI dengan harga penawaran Rp. 26.526.350.000,00.

Lalu kemana rimbanya pekerjaan tersebut, H. Kms. Azhari pada Bidas mengatakan (25/10). “Teramat aneh memang ketika uang rakyat yang di pergunakan untuk membangun infrastruktur demi kepentingan rakyat, tapi rakyat sendiri tidak pernah tau. SIMPANG IV SUNGAI SAREN SIMPANG TELUK NILAU? saya ini lahir dan besar di tanjab barat, Yth. Bapak Bupati Tanjung Jabung Barat juga asli putra daerah. Memang tau dimana SIMPANG IV SUNGAI SAREN SIMPANG TELUK NILAU?” Paparnya sembari bertanya.

“Bila judul pekerjaan yang di kaburkan keberadaannya, bagaimana dengan realisasi pekerjaannya? Tanggal penandatanganan kontraknya sudah hampir 5 bulan (150 hari). Dan disinyalir pekerjaan tersebut telah mencairkan uang muka. Wah, jangan sampai timbul permasalahan yang memindahkan lokasi pekerjaan ketempat lain. Apalagi pemindahannya loncat kecamatan.”

“Kami tak menganggap dan menilai realisasi pekerjaan ini (semau gue) karena kami yakin ini demi kepentingan dan kemajuan tanjung jabung barat tapi, semua ada aturannya, ada prosesnya, bila tidak sesuai atau merasa tidak tepat, revisi sebelum dilelangkan pekerjaan tersebut adalah solusi terbaik. Bukan mencari pembenaran setelah terjadi, ibarat anak kucing ya tetap di sebut kucing bukan anjing.” Ungkap pria paruh baya ini.

“Adendum dokumen lelang yang merubah singkronisasi antara judul pekerjaan saat dilelangkan dengan judul pekerjaan dalam dokumen dan BQQ dapatkah dikatakan benar, sedangkan judul pekerjaan dalam lelang adalah judul mata anggaran dalam DPA bila, harus dirubah mengapa judul pekerjaan pada pengumuman lelang tidak sekalian dirubah. Kalau kata kami melayu tu (kalau pintar boleh makan seorang, kalau bodoh tu di bagi.).” Pungkasnya H. Azhari.

Pekerjaan PENINGKATAN STRUKTUR JALAN SIMPANG IV SUNGAI SAREN SIMPANG TELUK NILAU – PELABUHAN RORO telah di lakukan ADENDUM dokumen lelang hingga berubah menjadi PENINGKATAN STRUKTUR JALAN SIMPANG PARIT IV SUNGAI SAREN SIMPANG TELUK SIALANG – PELABUHAN RORO. Akan tetapi pada judul pekerjaan yang dilelangkan tidak ada perubahan. (sr)

Komentar