6 Bacaleg TMS Untuk DPRD Tanjabbar Terancam Di Diskualifikasi

Politik1,012 views

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjung Jabung Barat sedang mempeverifikasi data Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk DPRD Tanjab Barat setelah masa perbaikan berkas persyaratan yang berakhir 31 Juli lalu.

Jumlah Bacaleg hampir dapat dipastikan akan berkurang jumlah yang didaftarkan partai politik. Ketua KPU Tanjab Barat Khairudin menyebutkan, jumlah Bacaleg yang sudah memenuhi syarat sementara ini sebanyak 392 orang. Berkurang dari total Bacaleg yang didaftarkan sebanyak 398 orang, artinya, terjadi pengurangan sebanyak 6 orang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). “Dari 398 Bacaleg yang mendaftar sebanyak 6 orang tidak memenuhi syarat,” katanya, Selasa (7/8)

Dia menjelaskan, saat ini KPU belum sampai ke tahap pendiskualifikasian atau pencoretan walau sudah dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Bacaleg yang akan dicoret setelah dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) saat penyusunan Daftar Caleg Sementara (DCS) pada 12 Agustus mendatang. “Datanya masih kita verifikasi, untuk kejelasannya kita akan umumkan saat penyusunan Daftar Caleg Sementara nanti,” terangnya

Berdasarkan data KPU Tanjab Barat, dari 13 partai, adapun bacaleg yang tidak memenuhi syarat yaitu dari partai demokrat sebanyak dua orang dapil 4, partai berkarya tiga orang dapil 5 dan partai partai bulan bintang (PBB) sebanyak 1 orang untuk dapil 2. “Untuk namanya belum kita lihat, yang jelas TMSnya ada 6 orang dan MSnya sebanyak 392,” ujarnya

Adapun penyebab bacaleg yang didiskualifikasi, khairudin mengungkapkan terdapat persyaratan yang tidak dipenuhi dan tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan KPU. “Penyebabnya rata rata itu terkena pada bagian administrasi,” pungkasnya.

Penulis : kentra

Komentar