Alhamdulillah, Lembaga Donor Darah Sukarela (LDDS) hadir di tanjab barat.

Kesehatan0 views

Kuala Tungkal – Bidas, banyaknya kebutuhan darah bagi Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daud Arif Kuala Tungkal dan Palang Merah Indonesia (PMI) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) sering kali menjadi keluhan bagi keluarga pasien yang kesulitan mendapatkan darah yang di butuhkan.

Sementara stok darah yang di butuhkan Palang Merah Indonesia (PMI) terbatas, terkait hal tersebut sejumlah Relawan Donor Darah mengadakan Rapat sabtu malam,(30/09) yang berlangsung di Aula Kodim 0419/Tanjab dan dihadiri lebih 50 orang dari 126 orang Relawan yang sudah terdaftar guna membentuk Lembaga Donor Darah Sukarela (LDDS) di Tanjabbar.

Pada rapat pembentukan tersebut, terpilih sebagai Ketua Jarir Juwaini, dirinya mengatakan pembentukan ini terkait dengan upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan upaya untuk menjamin ketersediaan darah di Bank Darah RSUD Daud Arif Kuala Tungkal.

Sementara itu, Penasehat LDDS, Kasdim 0419/Tanjab Mayor Inf Firdaus dan Zakaria Ansori, S.HI, MH mengungkapkan bahwa pembentukan Lembaga tersebut dilatar belakangi dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan darah.

Sementara stok darah di Bank Darah RSUD KH. Daud Arif dan PMI sangat terbatas, sehingga seringkali keluarga pasien kesulitan mendapatkan darah. Maka kehadiran LDDS menjadi sangat penting dan krusial. Pembentukan lembaga ini sendiri, bukan bermaksud untuk mencari keuntungan atau saingan bagi lembaga serupa yang telah ada.

Lebih lanjut dikatakannya, melainkan murni terbentuk berdasarkan gerakan moral yang tersirat dari para anak bangsa guna membantu sesama yang membutuhkan darah. “Jadi tujuan kita sebagai aksi sosial kemanusian untuk mempermuda donor darah dan membantu masyarakat mendapatkan darah,” jelasnya.

Kepengurusan juga diisi dengan pembina yakni Direktur Rumah Sakit Daud Arif Kuala Tungkal dan Ketua PMI Tanjabbar. Sebagai Penasehat ada Mayor Inf. Firdaus, Zakaria Ansori, SHI, MH dan Drs. H. Johanes Chan.

Bagi warga pasien atau keluarga pasien yang membutuhkan transfusi darah bisa menghubungi nomor:

081225163740 (Jarir Juwaini)

085211248553 (Yusra)

085267656697 (Aceng Masdaudi)

082377517886 (Fakhruddin Syukri)

Komentar