Ambisi Memeriahkan HUT Tanjabbar, Pemkab “Main” Proposal

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Seperti menepuk air didulang begitulah ungkapan yang kini dapat dikatakan layak disandang untuk Pemkab Tanjab Barat saat ini terkait pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT Kab. Tanjab Barat yang ke – 54 tahun 2019 ini.

Bila Setiap tahunnya Pemkab dan instansinya merasa risih akan banyaknya proposal saat menyambut lebaran hingga terkadang spontan sering terlihat panplet di instansi pemerintah tentang “tidak melayani sumbangan dalam bentuk apapun” justru dalam menyambut hari jadinya, Pemkab Tanjabbar dengan dalih kekurangan anggaran dalam pelaksanaan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tanjabbar ke 54, Pemkab Tanjabbar melalui panitia penyelengara peringatan HUT ke 74 RI dan HUT Ke 54 Kabupaten Tanjabbar tahun 2019 menebarkan proposal permohonan bantuan.

Sedangkan, pada kenyataan semua kegiatan tersebut sudah dianggarkan melalui APBD Tanjabbar tahun 2019 baik di panitia besar maupun dimasing masing OPD untuk melakukan rangkaian kegiatan HUT dengan dasar Perda Nomor 11 Tahun 2018 Tentang HUT Kabupaten meski Perbup yang menjadi juklak dan juknis pelaksanaan kegiatan tersebut disinyalir belum ada.

“Iya benar kita minta bantu dengan ajukan proposal ke perusahaan yang tergabung dalam forum CSR karena anggaran yang tersedia di APBD tidak mencukupi maka itu diajukan proposal keperusahaan,” Ujar Sekretaris Panitia Penyelenggara HUT RI dan HUT Kabupaten Tanjabbar, Ir. Slamet Aprijanto yang juga menjabat Kabag Ekonomi Setda Tanjabbar.

Berjalannya proposal yang dikoordinator langsung oleh kepala BAPPEDA ini menjadi momok tersendiri akan kemungkinan besar terjadi ‘kong kalingkong’ dalam penggalangan dana meski dalam proposal tersebut diarahkan untuk melakukan via transfer di salah satu Bank Nasional dalam menyalurkan bantuan tapi tidak menutup kemungkinan adanya transaksi tunai.

“Sejauh ini yang diketahui baru mencapai Rp.47 juta, dengan ada beberapa perusahaan yang belum membantu seperti Petrochina. Untuk lebih jelas nya tanya saja Yendri bendahara nya, dia tahu total bantuan perusahaan, ” Tukas Slamet.

Sayang sampai saat berita ini ditayangkan Bendaharawan Panitia HUT belum dapat dikonfirmasi terkait besaran dana yang sudah terkumpul direkening panitia HUT. (Red)

Komentar