Benarkah Ada Permainan Dalam Lelang Proyek Pengairan?

Kuala Tungkal – Bidas. Dugaan ‘main mata’ pada proses lelang proyek pengairan kembali mencuat, hal ini di karenakan tidak di tampilkannya harga terkoreksi oleh ULP -Pokja lelang saat proses lelang hingga selesai sehingga proses lelang tersebut dinilai tidak terbuka.

Seperti Peningkatan/rehab jaringan daerah rawa parit deli kelurahan betara kiri dari 3 perusahaan yang mengajukan dokumen penawaran 2 diantaranya disinyalir tidak lengkap dan atau diduga sengaja tidak lengkap hingga CV. RAMESA GEMILANG lahir sebagai pemenang dengan harga penawaran Rp. 365.245.000,00.

“Bila dilihat, 3 perusahaan yang mengajukan penawaran dari 54 pendaftar. 2 penawar disinyalir memang tidak melengkapi persyaratan hingga CV.RAMESA GEMILANG lahir sebagai pemenang akan tetapi, Pokja tidak melampirkan harga terkoreksi dan hanya di dalam BAHP dijelaskan. Ingat, BAHP tidak dapat di pantau secara umum.” Ungkap sumber yang tak berkenan identitasnya di publikasikan (23/05)

“Selain itu,CV. RAMESA GEMILANG juga menjadi pemenang pada¬†Peningkatan/rehab jaringan daerah rawa parit 8 desa mekar tanjung dengan harga penawaran Rp.608.301.000,00 dan lagi – lagi harga terkoreksi tidak ditampilkan. meski kali ini ditawar oleh 7 perusahaan CV. RAMESA GEMILANG¬† merupakan penawar ke-4 terendah.” Tambah sumber.

“Dari harga terkoreksi yang tidak ditampilkan secara umum hingga rekanan yang menawar dalam 2 paket lelang tersebut memiliki kesamaan yakni, CV. HAFIZA & CO dan CV. PUTRA MAHKOTA adalah perusahaan yang kalah tender dalam proyek pengairan tersebut. dan dapat di pastikan kekalahan 2 perusahaan tersebut dikarenakan tidak melengkapi persyaratan.” Tambahnya lagi.

Ketika disinggung dugaan adanya pengamanan untuk meloloskan rekanan tertentu dalam lelang, sumber menjelaskan. “Bila dilihat dari pola dan proses lelang maka dugaan pengaturan/ pengamanan berkemungkinan besar ada. tak mungkin rekanan yang mengajukan penawaran di dua paket lelang tetapi tidak melengkapi persyaratan lelang bila ingin menjadi pemenang, terkecuali… ” Tandasnya. (St*2)

Komentar