Diduga Tiang Lampu Jalan Menuju Pelabuhan Roro, Menggunakan Gambar Rencana Bodong

Kuala Tungkal – Bidas. Pelaksanaan Pengadaan dan pemasangan tiang lampu jalan menuju pelabuhan roro bersumber dana dari APBD 2017 sebesar Rp.1.461.800.000,00 yang dilaksanakan oleh PT. SINAR PUTRA KEMBAR tampak telah rampung di kerjakan. Akan tetapi Pengerjaan pemasangan tiang lampu jalan tersebut menimbulkan kecurigaan sebab, dalam lelang pekerjaan tersebut tidak ditemukannya gambar rencana item pekerjaan pondasi tiang Decorative.

Menurut RA, yang tak mau namanya di publikasikan. Mengatakan, “Lelang Pekerjaan tersebut adalah bentuk produk pekerjaan yang di tawarkan pada pihak rekanan, lalu rekanan mempelajari detail BQQ dan Rencana Gambar yang telah di tentukan dan direncanakan oleh pihak Dinas kemudian baru menawar pekerjaan tersebut, secara mekanismenya.” Ungkapnya (14/12).

“Bila Didalam BQQ disebutkan tentang item pekerjaan pondasi tiang Decorative sementara rencana gambar tidak ada, apa yang menjadi acuan terhadap pekerjaan tersebut. Dalam gambar rencana kerja juga tidak menjelaskan Ukuran Tiang, Ukuran Lampu, dan tinggi tiang. Yang ada hanya bentuk dari tiang lampu tersebut, lalu apa yang menjadi acuan kerjanya? Bestek/Gambar kerja pekerjaan tersebut di duga bodong.” Pungkasnya.

Sementara Ketua ULP – POKJA 19 Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2017, Muldikari tak dapat di jumpai. Bidas hanya berhasil menghubungi Tatak Suparyadi, ST sekretaris ULP – POKJA 19 untuk mempertanyakan gambar rencana kerja tersebut saat dilelangkan. “ Saya lupa, karena ketua pokjanya bukan saya. Makanya besok kita cek dulu.” Tukasnya (13/12).

Disinyalir Gambar rencana kerja Pengadaan dan pemasangan tiang lampu jalan menuju pelabuhan roro yang menggunakan dana sebesar Rp.1.461.800.000,00 ini hanya menampilkan bentuk dari tiang lampu tersebut. Gambar tidak memberikan penjelasan secara detail, bahkan gambar rencana kerja yang dilelangkan tidak memuat pekerjaan pondasi tiang Decorative yang disinyalir memiliki ukuran (50 X 50 X 120 CM). Lalu apa yang menjadi acuan kerja pada pekerjaan tersebut? Entahlah. (st)

Komentar