“E–Musrenbang dan E–Planing Menghindari Terjadinya Korupsi.” Sekretaris Bappeda, Reffri yendri , S.Sos.I

Pengabuan – Bidas. Di sela – sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kec. Pengabuan. Sekretaris Bappeda Kab. Tanjab Barat Refriyendri, S.Sos.I mengatakan,  “Musyawarah perencanaan pembangunan di Kabupaten Tanjab Barat saat ini, tahun 2018 ini menggunakan aplikasi E – Musrenbang. Untuk itu operator di tiap – tiap kecamatan utamakan skala prioritas.” Ujarnya (01/02).

Menurut Reffri, Aplikasi E–Musrenbang yang dilaksanakan di Kab. Tanjung Jabung Barat saat ini telah dilakukan MoU dengan kota Surabaya berkonsultasi mengadopsi sisitem aplikasi.

“Kita sudah melakukan MOU dengan kota surabaya berkonsultasi mengadopsi sistem aplikasi tersebut ke Tanjung Jabung Barat dan kami akan sosialisasi ke kecamatan dan menetapkan operator Desa masing- masing,” Ujar Pria Sowo Matang ini.

E–Musrenbang  dan E–Planing  merupakan aplikasi yang dapat dipantau langsung oleh masyarakat dan pihak legislatif serta yudikatif dalam menyampaikan hasil Musrembang sehingga, kemungkinan untuk memanipulasi dan menyisipkan suatu kegiatan diluar Musrembang dapat terhindari.

Disamping dapat dipantau, E–Musrenbang  dan E–Planing  juga terdapat harga standar satuan dan semua yang diperlukan dalam penyusunan dan pengusulan sebuah kegiatan. “Sistem e- planing bisa menghindari terjadinya korupsi, karena dalam e- planing sudah ketemu harga standar satuan dan semuanya,” Tukas Reffi Yendri. (red)

Komentar