Harapkan Kopi Liberika Menjadi Salah Satu Sektor Andalan Petani, Muklis Siap Perjuangkan Bantuan Kemendes

Kuala Tungkal -Jurnalbidas.com. Kopi Jenis Liberika Kab. Tanjab Barat yang sudah mendapatkan sertifikat indikasi geografis untuk kopi liberika komposit dari Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada rangkaian acara hari Dharma Karyadhika tahun 2015.

Perlunya inovasi agar cita rasa Kopi Liberika komposit Kab. Tanjab Barat yang sudah mendapatkan pengakuan nasional tersebut tidak punah, tergerus karena kurangnya peningkatan dan sumberdaya Muklis memandang perlunya pembinaan dan pemberdayaan para petani kopi khususnya di Kab. Tanjab Barat.

Saat melakukan kunjungan ke kelompok tani kopi desa sungai terap, kecamatan betara, Muklis yang saat ini masih menjabat Direktur Sarana Dan Prasarana Kementerian Desa RI, melihat potensi kopi liberika yang dikelola kelompok ‘Kopi Ajib’, hanya saja mendapatkan kendala berupa pengolahan kopi masih mengunakan peralatan tradisional.

“Saya melihat langsung, kita ingin UMKM berupa kopi liberika ini disuport agar tetap berlangsung tumbuh menjadi sektor andalan bagi petani khususnya petani kopi, ” Ujar Muklis.

Melalui program di Kementerian Desa berupa bantuan usaha ekonomi masyarakat, dirinya akan mengupayakan bantuan dari kementerian desa untuk petani kopi di sungai terap ini,

“Saya sudah bilang ke kelompok tani kopi di Sungai terap, segera ajukan proposal sesuai dengan prosesur untuk di verifikasi kelayakan untuk menerima bantuan, nanti akan segera di kucurkan bantuan usaha ekonomi masyarakat Kemendes,” Ungkapnya.

Bantuan bisa dipergunakan untuk pembibitan, pembelian dan produksi, tujuan untuk meningkatkan pendapatan petani kopi dengan bantuan ini.

“Bisa dipergunakan untuk beli peralatan pengolahan untuk meningkatkan produksi dengan alat yang lebih bagus, karena saat ini masih mengunakan peralatan tradisional, ” tukasnya. (Cr*1)

Komentar