Janggal, Lapis Pondasi Agregat Tanpa Tutup Aspal Pekerjaan Jalan Lingkar Roro Jadi Soal

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Pekerjaan peningkatan (struktur dan kapasitas) jalan parit IV Sei. Saren – SP. Teluk Sialang – Pelabuhan Roro yang saat ini tengah dalam pengerjaan oleh PT. SARANG TEKNIK CANGGIH dengan menggunakan dana APBD Kab. Tanjab Barat TA 2019 sebesar Rp. 31.065.813.241,00 menuai soal.

Adalah item pekerjaan lapis pondasi agregat tanpa tutup aspal sebanyak 22.419,80 M2 yang akan dilaksanakan sedangkan diketahui pengerjaan ruas jalan lingkar ini telah dilaksanakan sejak tahun 2017 dan telahpun menguras APBD Kab. Tanjab Barat + Rp. 67 Miliyar.

“Pekerjaan terakhir itu ‘kan sebatas perkerasan selama 2 tahun berturut – turut, jadi bila item pekerjaan lapis pondasi agregat tanpa tutup aspal sebanyak 22.419,80 M2 tentu menimbulkan soal untuk apa?” Ungkap Ketua LSM-Petisi, Syarifuddin.

Menurutnya, lapis pondasi agregat tanpa tutup aspal merupakan pemborosan yang dilakukan dalam perancanaan pekerjaan tersebut dan dikhawatirkan ini sengaja dilakukan guna mendongkrak pundi pundi uang yang diraup oleh owner maupun pelaksana.

“Sebanyak 22.419,80 M2 bila dianalisa bisa mencapai 14 Miliyar yang jikalau dana tersebut dialihkan ke Aspal berapa KM yang dapat terlaksana? Perlu diingat pengerjaan jalan roro tersebut adalah pekerjaan yang berkelanjutan dari tahun 2017.” Timpalnya (satria)

Komentar