Ketika Pemkab Sunyi Ide Dan Seberang Kota Terisolir, Ini Solusi Muklis

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Kec. Seberang kota merupakan daerah terpencil dan dirasa terkucil di Kab. Tanjab Barat meski jaraknya hanya dipisah oleh sungai pengabuan dengan ibu kota Kabupaten ini, tapi kehidupan masyarakat tak ubah seperti daerah terpencil yang jauh dari pandangan Pemkab Tanjab Barat yang selama ini selalu menggemakan berkerja dan membangun daerah dengan adil dan merata.

Puluhan tahun dibiarkan tanpa adanya pembangunan yang berarti. Sulitnya akses darat membuat jalur sungai menjadi pilihan utama yang sampai saat ini tidak ada solusi yang segnifikan dari Pemkab Tanjab Barat guna meretas keterisoliran daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Indragiri Hilir ini.

“Tak ada akses darat untuk Seko, kita menggunakan akses jalur sungai sebagai transportasi. buru – buru akses ke seko di fikirkan, jembatan yang hampir ambruk saja di seberang kota tidak di prioritaskan sedangkan jembatan tersebut akses penghubung antara RT 4 ke RT 3.” Ungkap Seklur Tungkal V, Ahmad Safe’i, singkat kepada media ini.

Sementara menurut Sesdir Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal Dan Transmigrasi, H. Muklis, menyebutkan bahwa Kecamatan Seberang Kota bisa dibangun dengan mengunakan dana APBN, dengan catatan perencanaan harus diperkuat agar bisa menyakinkan pusat untuk mengucurkan anggaran ke Kab. Tanjab Barat

“Kita harus buat perencanaannya, sebagai bahan menentukan status jalan, supaya menjadi jalan strategi nasional, sehingga bisa untuk diajukan ke pusat, Insha Allah 3 tahun Seberang itu bisa dibuka,” Ujar Muklis.

Dia mengakui, potensi Kecamatan Seberang Kota belum tereksplore dengan baik, kita tidak akan sanggup hanya dengan mengandalkan APBD saja.

“Untuk membangun daerah terpencil kita tidak akan sanggup hanya mengandalkan APBD, kita harus mampu membawa dana pusat ke daerah, tentu nya membawa perencanaan yang matang, karena membuka daerah terisolir memang menjadi prioritas pemerintah pusat,” tukasnya. (**)

Komentar