Lepas Pawai Takbiran, Safrial Ingin Generasi Muda Jaga Tradisi Dan Syiar Islam

Seni & Budaya1,005 views

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018, Pemkab Tanjung Jabung Barat melalui Disparpora kembali menggelar Pawai Takbiran. Bertempat di depan rumah jabatan bupati, pada rabu malam (21/8), arak-arakan peserta pawai dengan beragam hiasan serta dekorasi yang unik dan menarik dilepas secara resmi oleh bupati safrial dengan menabuh beduk tanda dimulainya perlombaan dan penilaian.

Meski jumlah peserta yang mengikuti pawai takbiran menyambut Hari Raya Qurban tersebut cukup jauh berkurang di bandingkan dengan tahun sebelumnya, namun baik peserta maupun penonton tetap saja bersemangat dan antusias. Dari data yang di himpun, tahun ini ada 7 kelompok peserta ikut berpartisipasi pada kegiatan tahunan yang merupakan tradisi sejak dulu.

Bupati Safrial dalam sambutannya mengatakan ritual takbir, tahlil dan tahmid memuji keagungan dan kebesaran Allah merupakan wujud rasa syukur atas segala rahmat dan nikmat-Nya. Di adakannya kegiatan pawai takbiran juga memiliki arti sebagai salah satu upaya mempererat tali silaturrahim antara sesama manusia baik pemerintah maupun masyarakat.

Safrial juga menekankan arti pentingnya generasi muda sebagai pelopor dalam menjaga adat, tradisi, budaya sekaligus senantiasa menegakkan syi’ar islam.

“Dan karenanya, kegiatan positif seperti ini akan terus kita laksanakan dan akan selalu kita jaga”, tukasnya.

Kemudian di sela-sela sambutannya, bupati juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat baik atas nama pribadi dan keluarga maupun atas nama pemerintah kabupaten tanjung jabung barat.

Sementara itu, berdasarkan laporan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olah Raga Otto Riadi selaku panitia penyelenggara, total hadiah yang diperebutkan pada pawai takbiran tahun 2018 ini senilai 26 juta rupiah dengan rincian untuk juara 1 sebesar 10 juta, Juara 2 sebesar 8 juta, Juara 3 sebesar 5 juta dan untuk juara favorit akan mendapatkan hadiah sebesar 3 juta rupiah.

Adapun rute yang akan dilalui peserta mulai dari garis start di depan rumah jabatan bupati menuju alun alun kota, kemudian melewati rumah jabatan wakil bupati menuju jalan panglima cama, lalu berbelok ke jalan kalimantan dan akhirnya finish di Tungkal Ancol beach.

Nampak mendampingi bupati, wakil bupati Haji Amir sakib, Sekda Haji Ambok Tuo, Jajaran Forkopimda, Kapolres, Kepala OPD, Camat Tungkal Ilir serta ratusan masyarakat yang memenuhi lokasi menyaksikan pelepasan pawai tersebut. (Us12)

Komentar