Makna Pentingnya Peringatan Hari Nusantara

Kuala Tungkal – Bidas. Melalui peringatan Hari Nusantara mengingatkan kita kembali akan konsep wawasan nusantara. Hal ini disampaikan oleh Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS dalam sambutannya pada upacara peringatan hari nusantara ke 18 dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Selasa (19/12).

Sebagai negara kepulauan (Archipelagic States) yang berada diantara ribuan pulau dinyatakan sebagai laut nusantara (Mare Nostrum), dan merupakan wilayah kedaulatan mutlak negara kesatuan Republik Indonesia, perairan laut yang terletak diantara ribuan pulau tersebut bukan sebagai pemisah melainkan sebagai pemersatu kedaulatan bangsa Indonesia.

Ditegaskan pula, peringatan hari nusantara ke 18 tahun 2017, dibawah tema “Gotong Royong Dalam Kebhinekaan Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia sebagai poros Maritim Dunia”, maka konsep wawasan nusantara harus diimplementasikan dalam realitas kemajemukan bangsa ini.

“Kenyataan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, telah melahirkan budaya kemaritiman yang melekat pada sebagian besar warga yang memang hidup dipesisir. Aktivitas melaut telah menginspirasi lahirnya berbagai model kearifan lokal yang berbasis karakter kelautan” ungkapnya.

“Inspirasi peringatan Hari Nusantara akan membangun karakter jiwa bangsa Indonesia yang berwawasan bahari, dan menjadikan laut sebagai ruang hidup dan ruang juang bangsa Indonesia.” Pungkasnya. (red) 

Komentar