oleh

Mutu Kualitas Dan Kuantitas Jembatan Kami Jangan Dikurangi!

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Pembangunan jembatan besi yang telah selesai tender dan telah memiliki pemenang berkontrak akan segera direalisasikan pengerjaannya didalam bulan April 2020 ini mengingat SPK (Surat Perintah Kerja) telah dikantongi masing – masing pemenang lelang.

Dalam pekerjaan tersebut pengawasan pekerjaan akan mutu kualitas tentu menjadi prioritas termasuk ukuran tiang pancang yang telah dibakukan ukuran dan volumenya dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya) dalam pekerjaan tersebut sekalipun selisih 0,1 mm dalam ukuran tentu akan mengurangi mutu kualitas yang telah direncanakan terlebih bila saja ada upaya merubah ukuran sejak dini oleh pihak – pihak terkait.

“Dalam RAB sudah disebutkan ukuran kuantitas dari sebuah barang, jadi memang wajib sama. CCO atau Adendum bisa saja dilakukan tapi tidak dengan upaya mengurangi ukuran kuantitas dari sebuah barang sedari awal hingga menimbulkan upaya mengurangi kuantitas barang asal tidak ketahuan, kalau ketahuan tinggal CCO atau Adendum.” Ungkap salah satu pelaku kontruksi Tanjabbar.

Dia menyebutkan, CCO atau Adendum jangan dijadikan senjata untuk membenarkan niatan dalam berubah ukuran kuantitas serta kualitas pengadaan suatu barang saat terungkap ke publik sebab bila dilakukan dari awal tentu memang ada unsur kesengajaan upaya pengurangan kuantitas dan kualitas.

“Kalau dari awal memang mengurangi kuantitas dan kualitas tentu terindikasi adanya niatan mengurangi. Peran penegak hukum diharapkan lebih aktif dan tak terkesan melempam nantinya.” Tukasnya sembari tak berkenan namanya dipublikasikan.

Tiang pancang dengan ukuran yang telah ditetapkan dalam RAB tidak ready di kab. Tanjabbar dan untuk melakukan pembelian tentu akan indent paling cepat 2 – 3 minggu setelah pembelian disepakati sedangkan, penetapan pemenang lelang dilakukan pertanggal 17 Maret 2020 tentu seterusnya ada tahapan masa sanggah dan terakhir penandatanganan kontrak di akhir Maret 2020 sebagai tanda start perusahaan memulai aktifitas pemesanan. Bila saja hari ini tiang pancang tersebut telah ready di Kab. Tanjab Barat tentu menimbulkan spekulasi adanya keyakinan akan bekerja jauh sebelum penetapan pemenang lelang ditentukan. (St*2)

Komentar