Nah, Proyek Air Bersih Tercibiri Oleh IPAG-SMKT Bumdes Serdang Jaya

Kuala Tungkal – Bidas. Usaha Pemkab Tanjab Barat dalam menyediakan air bersih di daerah serangkuh dayung serentak ketujuan yang telah menelan dana ratusan miliyar rupiah dari APBD Kab. Tanjab Barat tampaknya wajib bercermin dari Bumdes Serdang Jaya, hal ini disebabkan Bumdes Serdang Jaya telah berhasil dengan  Tekhnologi Pengolahan Air Gambut Sistem Media Kontak Bertekanan (IPAG-SMKT) Berkapasitas 5 Liter/detik.

Bertempat di Desa Serdang Jaya Kec. Betara Kab. Tanjab Barat yang bersumberdana dari pusat disinyalir sebesar Rp. 5,5 M (6 Titik) ini seakan mendepak serta mencibir gagasan pemerintah Kab. Tanjab Barat dalam penyediaan air bersih. Terlebih air dari IPAG-SMKT tak hanya sekedar air bersih tapi juga siap untuk dikonsumsi masyarakat seputaran Desa Serdang Jaya.

Menurut Sekretaris Desa Serdang Jaya, Haris Rabu (26/02) Mengungkapkan. “IPAG-SMKT Ini terbentuk ditahun 2017 sekitar bulan juli, bantuan dari pusat penelitian dan pengembangan perumahan dan pemukiman badan penelitian dan pengembangan kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat.” Ungkapnya.

“Sekarang ini baru di nikmati masyarakat, baru air yang bisa diminum kita jual dengan harga berkisaran kira – kira Rp. 4000/ Galon. Dan izin kesehatannya pun sudah keluar melalui pemerintah provinsi jambi dinas kesehatan provinsi balai laboratorium kesehatan dengan no. 159/LHP/BLK/-JBI/I/2018. Namun untuk penyaluran dari rumah ke rumah kita belum memfasilitasi pipanisasinya, akan tetapi tahun 2018 ini akan kita anggarkan dari dana desa sekitar 200 Juta” Tukasnya.

Sungguh ironis, IPAG-SMKT ini mampu menjawab proyek Air bersih yang selama ini masih menjadi mimpi bagi masyarakat Kabupaten tanjung jabung barat,  sementara dana yang telah di gelontorkan untuk proyek ketersediaan air bersih hampir ratusan kali dari pembuatan IPAG-SMKT

Terpisah, ABD selaku pemerhati pembangunan daerah yang enggan disebut namanya dalam pemberitaan mengungkapkan (26/02). “Ini suatu terobosan yang mampu mengkebiri wacana air bersih yang telah menguras APBD Kab. Tanjab Barat ratusan milyar yang bahkan di 2017 dilaksanakan revitalisasi air bersih yang untuk seputaran Tebing tinggi saja belum dapat dinikmati. Revitalisasi Pipa Air Bersih Tebing Tinggi dananya Rp.30.200.472.000,00 itu.” Ungkapnya.

“Mungkin perlu ahli matematika untuk menghitung berapa banyak dana APBD Tanjab barat yang direalokasikan pada proyek air bersih tersebut bila dialihkan ke pengembangan IPAG-SMKT. Skala kecil yang mampu mengukur standard kemampuan produktifitas dibumi serangkuh dayung serentak ketujuan ini.” Tukasnya. (st*2)

Komentar