NGENES, NASIB DISHUB LLASDP DI BALIK RETRIBUSI OVER TARGET

Kuala Tungkal – Bidas. Dinas Perhubungan (Dishub) LLASDP Kab. Tanjab barat yang merupakan ujung tobak dari hasil retribusi yang ditujukan untuk angkutan laut, danau, dan sungai merupakan salah satu penyumbang PAD untuk pemkab tanjab barat. Akan tetapi kelayakan dan kesejahteraan pemungut retribusi tersebut jauh dari kata pantas bahkan dapat dikatakakan ngenes.

“Nasib mereka yang menarik retribusi memang jauh dari kata sejahtera, bahkan untuk peralatan kantornya saja seadanya. Sedangkan hasil dari penagihan retribusi yang mereka kumpulkan untuk PAD Kab. Tanjab barat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.” Ungkap sumber Bidas yang tak mau namanya dipublikasikan (4/1).

Lanjut sumber tersebut menerangkan, “Untuk tahun 2017 saja hasil retribusi dari Dishub LLASDP mencapai ratusan juta rupiah, kalau tidak salah sekitar + 120-an juta rupiah yang semula disinyalir ditargetkan sekitar + 70-an juta saja. Tapi kesejahteraan dan kepantasan bagi  mereka yang merupakan ujung tombak dari pemungutan retribusi tersebut lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang berada di kantor Dishub.” Tukas sumber pada Bidas.

Berdasarkan hasil pantauan bidas di kantor LLASDP Kab. Tanjab barat hanya terdapat meja – meja kerja yang kosong, beberapa peralatan kerja seadanya. Bahkan saat Bidas mencoba menumpang nge-print untuk selembar dokumen salah satu staf LLASDP mengatakan, “Maaf bang, kita tidak punya printer” Saat Bidas menanyakan tentang bagaimana mereka nge-print dokumen untuk kepentingan LLASDP sang staf menjawab, “Kita kalau mau ngeprint ya terpaksa diluar (ngerental.red).” Jawab staf tersebut (5/1). (st*2)

Komentar