Opini Dua Tahun Kepemimpinan SAFA Untuk Kab. Tanjab Barat

Kuala Tungkal – Bidas. Dua tahun pemerintahan SAFA untuk kabupaten Tanjung Jabung Barat telah mendobrak dan memiliki gagasan – gagasan cemerlang terutama di bidang infrastruktur yang digadang – gadangkan dalam programnya. Mulai dari pembuatan dan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan hingga peningkatan sumber daya manusia.

Tidak terlihat dendam rezim pada pemerintahan SAFA, terbukti dengan ditingkatkannya Pasar Parit 1, WFC, Taman Kota, hingga rumah sakit jantung yang saat ini dialihfungsikan karena terbengkalai. Akan tetapi teknis dalam hal mendukung gagasan yang di gelontorkan SAFA minim didukung oleh teknis yang profesional hingga gagasan sering kali tercibiri.

“Berbicara infrastruktur. Struktur jalan roro bisa dilihat dari hasil kerja yang saat ini bila tidak dianggarkan kembali akan sia – sia, akses yang tidak tersambung hingga diragukan azas manfaatnya tapi dilakukan pencairan hampir 100 % dengan merubah kontrak kerja yang sampai saat ini tidak diketahui dasar perubahannya. Ini puluhan milyar dananya.” Ungkap pengamat pembangunan Ketua LSM-Petisi28, Sarifuddin (21/03)

“Jembatan – jembatan yang di bangun dengan dana milyaran tapi hasil kerja yang yang tidak memuaskan dimana terdapat kerusakan pada struktur sayap hampir diseluruh jembatan yang dibangun ditahun 2017 lalu, belum lagi bila berbicara terkait peralatannya yang di isyaratkan dalam lelang yang tidak korelasi dilapangan pekerjaan.” Tambahnya.

Penimbunan pasar parit 1, yang peralatan dalam lelangnya tidak sesuai dengan yang hadir dilapangan hingga menimbulkan prasangka adanya pengaturan terhadap pengondisian pekerjaan  pada pihak rekanan yang bermuara pada asumsi adanya kebijakan penguasa. Hal ini dapat menimbulkan citra kepemimpinan yang buruk bagi SAFA.” Tukasnya.

Gagasan yang baik terutama dalam membangun infrastruktur hendaknya didukung teknis yang memadai dan profesional hingga tidak mengasumsikan sebuah kebijakan terselubung. Teknis yang profesional semestinya mendukung gagasan Pemkab untuk menciptakan hasil yang memuaskan bagi masyarakat hingga dapat di capai sebuah keberhasilan tanpa keraguan masyarakat. (st*2)

Komentar