Rekomendasi KASN Tentang Pelanggaran Sistem Merit, Tolak Ukur Ketidakfahaman Aturan Di Kab. Tanjab Barat

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah mengeluarkan rekomendasi sejak tanggal 24 Juni 2019 dengan nomor surat B 2021/KASN/6/2019 terkait pelanggaran sistem merit di Pemerintahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat – Jambi.

Pelanggaran sistem merit yang dimaksud adalah penonjoban pejabat Eselon II, Ir. Netti Martini, M. Sc, selaku Kadis Perumahan Dan Pemukiman (perkim), David Sihombing, ST selaku Kabid Perumahan Perkim dan Tatak Supriyadi, ST selaku Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa (PPBJ).

Pelanggaran sistem merit ini dilakukan karena kuat dugaan terkait pengaturan pembagian paket pekerjaan pada dinas perkim tersebut, pasalnya setelah lounchingnya puluhan Paket Pekerjaan Penunjukan Langsung (PL) pada dinas Perkim Tanjab Barat yang kemudian, paket pekerjaan yang di tayangkan secara online tersebut tidak diproses dan ditayangkan kembali dengan mengundang rekanan yang berbeda dari rekanan yang diundang sebelumnya disaat posisi Kadis Perkim di PELTUkan, Kabid Perumahan kosong, dan PPBJ digantikan.

Sementara, Adapun poin surat rekomendasi KASN tersebut berbunyi, KASN menyampaikan rekomendasi kepada Bupati Tanjab Barat – Jambi sebagai pejabat pembina kepegawaian agar membatalkan Surat Keputusan Nomor 724/Kep.Bup/BKPSDM/2019, Nomor 699/Kep.Bup/BKPSDM/2019, dan Nomor 718/Kep.Bup/BKPSDM/2019.

Selain itu, Berdasarkan pasal 33 ayat (1) Undang undang no 5 tahun 2014 hasil pengawasan yang tidak ditindaklanjuti sebagai mana dimaksud pasal 32 ayat (3). KASN merekomendasikan kepada Presiden untuk menjatuhkan sanksi kepada pejabat pembina kepegawaian dan pejabat berwenang yang melanggar prinsip sistem merit dan peraturan perundang-undangan. Adapun waktu menindaklanjuti rekomendasi selama 14 hari sejak rekomendasi diterima.

Meski diketahui sampai hari ini, senin (9/9) tidak ada satupun dari 3 (tiga) ASN yang dinonjobkan tersebut dikembalikan ketempat kerjanya semula, Sekretaris Daerah Kab. Tanjab Barat, Agus Sanusi mengatakan sejauh ini sudah ada tanggapan dari Bupati soal rekomendasi KASN terhadap persoalan Netti Martini,

“Kalau saya tidak salah, hal ini sudah ada tanggapan dari Bupati sebelum saya dilantik jadi Sekda,” Ujar Sekda Via Whats Up.(09/09).

Disinggung soal tindaklanjut, Sekda menyebutkan akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan BKPSDM dan selanjutnya dilaporkan kepada Bupati, sambil menunggu arahan dari KASN.

“Ya saya akan koordinasikan dengan BKPSDM soal rekomendasi KASN tersebut, ” tukasnya.

Rekomendasi KASN atas pelanggaran sistem merit ini dapat dikatan bentuk dari dugaan pengangkangan aturan yang dilakukan oleh Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial, MS yang menandatangani langsung Surat Keputusan Nomor 724/Kep.Bup/BKPSDM/2019, Nomor 699/Kep.Bup/BKPSDM/2019, dan Nomor 718/Kep.Bup/BKPSDM/2019. (red)

Komentar