‘Rp.2.397.833.792,00‘ Adalah Kado Terindah Di Ultah KE-57 Tanjabbar, Apa Itu?

Jambi – jurnalbidas.com. Tamparan keras dirasakan oleh pemkab Tanjabbar setelah kalah dalam gugatan Sintha Dewi Agustina, SE. MM di Pengadilan Negeri (PN) Kualatungkal dengan dibacakannya putusan pengadilan pada, kamis (30/6/22).

Alih – Alih menyadari kesalahan atas putusan Pemkab Tanjabbar justru melakukan banding pada tingkat PT (Pengadilan Tinggi) jambi, dan kembali Pemkab Tanjabbar mendapat sekali lagi tamparan keras atas putusan PT dengan mengabulkan keseluruhan gugatan penggugat dan bak ditampar kiri kanan, PT (Pengadilan Tinggi) juga memutuskan tergugat membayar ganti rugi Materiil dan immaterial sebesar Rp.2.397.833.792,00, berikut putusan PTnya ;

DALAM PROVISI:

  1. Menyatakan PENGGUGAT adalah sah sebagai Direktur PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanggo Rajo Perseroda sampai dengan adanya putusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (in kracht).

 

DALAM POKOK PERKARA :

DALAM KONVENSI :

 

  1. Menerima dan mengabulkan gugatan PENGGUGAT untuk seluruhnya.
  2. Menyatakan bahwa PENGGUGAT adalah sah sebagai Direktur PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanggo Rajo Perseroda berdasarkan Surat Keputusan Bupati Tanjung Jabung Barat Nomor 23/Kep.Bup/2021 tertanggal 25 Januari 2021 Tentang Pengangkatan Direksi Perusahaan Perseroan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Tanggo Rajo Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Akta Pernyataan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan Terbatas (PT) Bank Perkreditan Rakyat Tanggo Rajo Perseroda Nomor 32 tanggal 22 Maret 2021 yang dibuat oleh Notaris Achmad Zaki Yandri, SH.
  3. Menyatakan bahwa TERGUGAT I, TERGUGAT II, TERGUGAT III, dan TERGUGAT IV telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum (Onrechtmatige Daad).
  4. Menyatakan bahwa Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanggo Rajo Perseroda yang dilaksanakan pada 16 November 2021 bertempat di Hotel Grand Arriyadh Kuala Tungkal adalah tidak sah dan batal demi hukum.
  5. Menyatakan bahwa Surat Keputusan Bupati Tanjung Jabung Barat No. 699/Kep.Bup/2021 tertanggal 1 Desember 2021 Tentang Pemberhentian Dengan Hormat Sdri. Sintha Dewi Agustina, SE., MM Dari Direktur PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanggo Rajo (Perseroda) tidak memiliki kekuatan hukum mengikat.
  6. Menghukum TERGUGAT I, TERGUGAT II, TERGUGAT III, dan TERGUGAT IV untuk membayar biaya ganti rugi Materiil sebesar  Rp.1.397.833.792,00 (satu miliar tiga ratus sembilan puluh tujuh juta delapan ratus tiga puluh tiga ribu tujuh ratus sembilan puluh dua rupiah) dan juga kerugian Immaterial sebesar Rp.1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) secara tanggung-renteng, tunai, dan sekaligus kepada PENGGUGAT yang terhitung mulai sejak putusan diucapkan.
  7. Menghukum TERGUGAT IV selaku Direktur Utama PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanggo Rajo Perseroda untuk membuat ucapan terima kasih atas pengabdian PENGGUGAT telah bekerja selama 16 tahun di PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanggo Rajo Perseroda yang dipublikasikan di dalam 4 (empat) media massa yakni Tribun Jambi, Jambi Express, Jambi Independent, dan Metro Jambi selama 5 (lima) hari kerja berturut-turut untuk memulihkan reputasi PENGGUGAT.
  8. Menghukum TERGUGAT I, TERGUGAT II, TERGUGAT III, dan TERGUGAT IV untuk membayar uang paksa (dwangsom) sebesar Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah) untuk setiap harinya, terhitung sejak TERGUGAT I, TERGUGAT II, TERGUGAT III, dan TERGUGAT IV melalaikan putusan yang telah diucapkan dalam persidangan.
  9. Menyatakan putusan ini dapat dijalankan terlebih dahulu (Uit voerbaar bij voorraad) meskipun timbul verzet, banding maupun kasasi.
  10. Menghukum TERGUGAT I, TERGUGAT II, TERGUGAT III, dan TERGUGAT IV untuk membayar seluruh biaya perkara yang timbul selama proses pemeriksaan Gugatan a quo.

SUBSIDAIR:

Apabila Majelis Hakim berpendapat lain mohon putusan yang seadil-adilnya (Ex aequo et bono).

Disaat Tanjabbar sedang hiporia merayakan Ultahnya yang KE-57 dan Ultah RI KE-77, kado terindah yang dipersembahkan oleh pemerintahan daerah saat ini adalah kesalahan berdasarkan putusan pengadilan serta ganjaran ganti rugi Materiil dan immaterial sebesar Rp.2.397.833.792,00. Mungkinkah ungkapan ‘The Right Man On The Right Place’ menjadi paling tepat saat ini? Entahlah! (Red)

Komentar