Seleksi Penerimaan STTD Penuh Kontroversi, Ini Kata Kepala BKPSDM, Encep Jarkasih

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Kisruh seleksi penerimaan taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) yang mencuat karena dipicu atas tidak lolosnya 2 orang catar asal Kab. Tanjab Barat yang jelas – jelas lulus sesuai standar dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dalam sistem penerimaan CPNS.

Adalah Wahyu Satya Permana dan Kevin Alfarizi merupakan catar yang lulus pasing grade (PG) murni akhirnya tak mendapatkan tiket menjadi calon taruna STTD, bekasi. Hingga menimbulkan dugaan adanya permainan dalam penerimaan calon Taruna STTD.

Kepala BKPSDM Kab. Tanjab Barat, Encep Jarkasih mengakui bahwa sistem yang diberlakukan oleh STTD ada kontroversi, karena mengambil standar ganda, yakni standar BKN dan standar dari Kemenhub itu sendiri.

“BKPSDM Kab. Tanjab Barat tidak dalam kapasitas menentukan kelulusan, semua itu kewenangan pusat, kalau bicara kecewa sama, kita juga kecewa dengan sistem begini yang diterapkan, ” Ujar Encep Diruang Kerjanya. (02/09)

Selain itu, kata Encep status Wahyu dan Kevin itu kategori P1, yang anehnya ada juga P2, sehingga untuk melakukan tes tahapan berikutnya ada penurunan pasing grade, sehingga yang lulus cadangan bisa ikut tes lanjutan.

“Kalau standar BKN ya, wahyu dan kevin ini lulus, cuma anehnya kenapa ada standar lain lagi dari Kemenhub, ini mungkin yang namanya kebijakan pusat,” Kilahnya.

Disinggung dugaan permainan dalam penerimaan taruna STTD tersebut Encep membantah, menurutnya kapasitas BKPSDM hanya pendampingan dan pembekalan saja terhadap calon taruna, begitu pun soal nilai kesehatan yang dituding BKPSDM memiliki itu tidak benar, data itu langsung dikirim ke pusat.

“Saran saya untuk orang tua Wahyu dan Kevin meminta langsung izin ke panitia pusat untuk melihat data nilai kesehatan, karena memang wajar ada dugaan seperti itu tes SKD nilai diumumkan, begitu pula tes akademik dan psikotes diumumkan, pada tes terakhir kesehatan tidak diumumkan,” tukasnya.

Untuk diketahui, adapun 8 (delapan) calon taruna STTD yang mendapat tiket menuju STTD bekasi tahun 2019 asal Kab. Tanjab Barat dan penempatan adalah sebagai berikut :
1. Muhammad Billy (Tanjabbar)
2. Rofi’i Eko Atmaja ( Tanjabbar)
3. Ryan Stevanus ( Tanjabbar)
4. Joshua Mian Pandaraman ( Simalungun)
5. Firdaus Nur Safi’i (Simalungun)
6. Muhammad Iqbal ( Bungo)
7. Raja Pratama Putra (Bungo)
8. Nofri Rahmat Fauzan ( Samosir).
(red)

Komentar