Sudah Layakkah Penghargaan Tanda Jasa Bukti Koperasi Dan UKM Untuk Pemkab Tanjab Barat?

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Sebagai Penerima penghargaan Tanda Jasa Bukti Koperasi Dan UKM baru – baru ini tentu seyogyanya Pemkab Tanjab Barat melalui dinas koperindak memiliki integritas moral dan keteladanan, berjasa terhadap bangsa dan negera khususnya melalui koperasi dan UKM, aktif dalam memimpin atau mendorong peningkatan dan pengembangan koperasi dan UKM, serta berjuang dalam mewujudkan KUMKM menjadi tulang punggung perekonomian nasional hingga layak menjadi penerima penghargaan tersebut.

Miris, penghargaan yang di sandang justru bertolak belakang dengan beberapa fakta dilapangan yang ditemui media jauh dari apa yang di gadang – gadangkan. Masih banyak terdapat usaha ‘home industri’ yang belum tersentuh oleh binaan Koperindag bahkan terkesan dinas koperindag pasang badan dalam mengekplementasikan ‘aktif dalam memimpin atau mendorong peningkatan dan pengembangan UKM.

Adalah UKM ‘Kopi Ajib’ yang berbahan baku dari biji kopi liberika asli Tanjab Barat daerah sungai aji desa sungai terap Kab. Tanjab Barat yang kini produknya melejit di kanca nasional bahkan permintaan akan produk ini mebludak di pangsa pasar bandung, justru kini produksinya terkendala izin P-IRT.

“Kita kemarin memang ditemui oleh orang dari dinas koperindag yang mempertanyakan P-IRT dari ‘Kopi Ajib’ hingga produk kami kini terpaksa terhenti pemasarannya sementara untuk mengurus P-IRTnya.” Ungkap pengusaha kopi Muhammad Firdaus pada media ini.

Dia juga menyebutkan untuk mengurus perizinan ini juga dinilai sangat berbelit hingga dukungan terhadap usaha yang berhasrat ingin mengangkat nama Kab. Tanjab Barat ini seakan minim perhatian dan dukungan dari Pemkab Tanjab Barat.

“Sekarang ngurus izin sudah terkesan berbelit dan sulit, tapi kita tetap berusaha sekuat tenaga dalam mengurusnya hingga kita mampu memperkenalkan dan memasarkan produk hasil olahan asli Tanjab Barat.” tukasnya.

Lalu, dimana letak tolak ukur hingga pantasnya Penghargaan Tanda Jasa Bukti Koperasi Dan UKM yang diraih oleh Pemkab Tanjab Barat layak di banggakan oleh masyarakat sementara binaan terhadap ‘home industri’ Pemkab Tanjab Barat melalui Dinas Koperindag dinilai pasang badan, entahlah. (satria)

Komentar