Syarifudin. AR : Kekurangan Volume Pekerjaan Tanggung Jawab Konsultan Pengawas

“Terkait temuan PT. TA pada pelaksanaan peningkatan jalan simpang desa margo rukun kecamatan seberang kota”

Kuala Tungkal Рjurnalbidas.com. pekerjaan peningkatan jalan simpang desa margo rukun kecamatan seberang kota dinyatakan telah selesai 100% dilaksanakan oleh PT. TA sesuai dengan berita acara serah terima pertama pekerjaan  Nomor 26/BAST/DPUPR-TJB/XI/2017 tanggal 6 November 2017.

Dan berdasarkan SP2D terakhir Nomor 06172/BUD/2017 tanggal 15 Desember 2017 sebesar Rp.779.215.000,00 pekerjaan yang dilaksanakan oleh PT. TA yang menggandeng CV. DCK sebagai konsultan perencana dan konsultan pengawas ini telah pun dibayarkan sepenuhnya.

Baca juga : Rp.2,8 Miliyar Kelebihan Pembayaran Pada PT. TA, Konsultan Pengawas Dimana?

Menurut Ketua LSM PETISI, Syarifuddin. AR pekerjaan yang telah dilaksanakan 100% diketahui oleh konsultan pengawas, pencapaian progres pekerjaan tiap-tiap item yang dilaksanakan hingga pengukuran hasil pekerjaan juga dilakukan oleh konsultan pengawas.

“Terdapatnya kekurangan volume pada item-item pekerjaan yang dilaksanakan dilapangan tidak terlepas dari peran konsultan pengawas pekerjaan tersebut sebab secara hukum konsultan pengawas bertanggung jawab atas hasil pekerjaan dilapangan.” ungkapnya.

“selama ini pihak pelaksana selalu di bebankan atas temuan baik itu kekurangan volume atau kelebihan pembayaran lalu, dimana peran konsultan pengawas bila terjadi kekurangan volume pekerjaan sementara mereka dikontrak untuk mengawasi agar mutu dan kualitas hasil pekerjaan dapat sesuai keinginan owner.” terangnya.

Baca juga : Rp.2,8 Miliyar Kelebihan Pembayaran Pada PT. TA, Konsultan Pengawas Dimana?

Dia menduga ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh pihak konsultan pengawas hingga merungikan Pemkab Tanjab Barat dengan terjadinya kelebihan pembayaran tersebut. “Tanpa tandatangan konsultan pengawas maka pencairan tidak dapat dilakukan sehingga, kekurangan volume pekerjaan adalah tanggung jawab konsultan pengawas pekerjaan.” Timpalnya. (St*2)

 

Komentar