TAK MEMILIKI IZINKAH BATCHING PLAN PT. SARANG TEHNIK CANGGIH?

KUALATUNGKAL – BIDAS. Pelaksanaan proyek peningkatan jalan di wilayah I (Kab. Tanjung Jabung Barat) JALAN SEI.SAREN – TELUK NILAU – SENYERANG – BTS. RIAU (EFF = 10,0 KM) yang di laksanakan oleh PT. SARANG TEHNIK CANGGIH, Di sinyalir tak mengantongi izin untuk mendirikan/opresional dan amdal dari Pemkab tanjab barat terkait batching plant yang di milikinya untuk memproduksi beton dalam memenuhi kebutuhan pekerjaan yang di lakoni oleh perusahaan tersebut. “Tidak ada izinnya itu, proyeknya mau selesai izin nya tidak ada, ” Ujar Kepala Perizinan Satu Pintu Kab. Tanjab Barat, H. Yan Eri via ponsel (17/10/17).

Pekerjaan dengan No. Kontrak ; 622/1372-DPUPR-5.2/15.08/V/2017 yang menggunakan dana APBD Provinsi sebesar Rp. 48.772.817.000,00 (Empat Puluh Delapan Miliyar Tujuh Ratus Tujuh Puluh Dua Juta Delapan Ratus Tujuh Belas Ribu Rupiah) di nilai tak menghiraukan akan pentingnya izin mendirikan dan mengoperasikan BATCHING PLAN yang ada di Kec. Betara ini. “Untuk saat ini tim sedang kelokasi turun memeriksa kegiatan batching plant tersebut. kemungkinan akan dihentikan sementara aktifitasnya jika benar tak mengantongi izin sama sekali.” Ungkap H. Yan Eri.

Selain Izin Mendirikan dan oprasional PT. SARANG TEHNIK CANGGIH juga tak memiliki izin amdal dan dokumennya hingga, terkesan menganggap sepele akan dampak lingkungan terhadap masyarakat sekitar berdirinya BATCHING PLAN. “Itu ada dampak lingkungannya, gimana izin dengan masyarakat maupun dengan desa setempat, yang jelas ke kita tidak ada izin.” Tandas H. Yan Eri.

Di tempat yang berbeda, selaku penggiat dan pemerhati masyarakat tanjung jabung barat RA yang tak ingin namanya di publikasikan mengatakan. “Selaku rekanan ya, seharusnya ikuti aturan. Apa lagi owner pekerjaan tersebut adalah pihak pemerintah, jangan sampai timbul spekulasi kalau pekerjaan pemerintah aturan tak berlaku dan seakan rekanan kebal hukum. Kita akan lihat seberapa tegas pihak perizinan tanjab barat.” Pungkasnya.

Terkait permasalahan izin mendirikan/oprasional dan amdal BATCHING PLAN milik PT. SARANG TEHNIK CANGGIH. Kadis LH Tanjabbar, Suparjo (10/07/2017) mengatakan. “Kalau yang diserdang itu tidak ada izin lingkungan, pernah dulu waktu saya masih di perizinan cuma pemberitahuan lisan saja itu pun batching plantnya bukan diserdang tapi katanya disimpang teluk nilau, ” tandas beliau. (Se29/sr).

Komentar