Tentang PERSONIL INTI Pekerjaan Ruas Jalan RORO, Wajibkah?

Kuala Tungkal – Bidas. Memiliki kemampuan menyediakan PERSONIL INTI yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan Peningkatan Struktur Jalan Simpang IV Sungai Saren Simpang Teluk Nilau – Pelabuhan Ro Ro (Tanah Lokal Ke Perkerasan) dengan menggunakan dana sebesar Rp 26.966.600.250,00 APBD-2017 (DAK) Merupakan syarat mutlak. Sebab PERSONIL INTI telah di isyaratkan dalam dokumen lelang dan telah di sanggupi oleh pihak rekanan dengan berbagai pembuktian untuk di hadirkan di lapangan pekerjaan.

ABD sebut saja yang tak ingin namanya disebut, Mengungkapkan. (15/11). “Berbagai Tenaga ahli/ Personil Inti yang di miliki oleh pihak rekanan PT. BERINGIN CITRA LESTARI serta telah melalui pembuktian untuk di hadirkan di lapangan pelaksanaan pekerjaan adalah sebagai berikut ;
1. S1 Teknik Sipil General Superintendent, Ahli Teknik Jalan –Madya (202) SKA
2. S1 Teknik Sipil Site Manager, Site Manager Ahli Manajemen Proyek – Madya (602) SKA
3. S1 Teknik Sipil Ahli K3, Ahli K3 Konstruksi – Muda (603) SKA
4. Teknisi Laboratorium Tanah, Teknisi Laboratorium Tanah (TS 007) SKT
5. Tukang Tanah, Tukang Pekerjaan Tanah /Earthmoving (TS 011) SKT
6. Tukang Perkerasan Jalan, Tukang Perkerasan Jalan /Paving (TS 017) SKT
7. Mandor Jalan, Mandor Perkerasan Jalan (TS 023) SKT
8. Pelaksana Lapangan Jalan, Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan (TS 028) SKT
9. Pengawas Lapangan, Pengawasan Lapangan Pekerjaan Jalan (TS 040) SKT
10. Juru Ukur, Juru Ukur Pekerjaan Jalan/Jembatan (TS 048) SKT
11. Drafman, Juru Gambar/Drafman-Sipil (TS 003) SKT
12. Teknisi Kuantitas Jalan, Teknisi Penghitung Kuantitas Pekerjaan Jalan (TS 049) SKT
13. Operator Motor Grader, Operator Motor Grader (TM 005) SKT
14. Operator Vibratory Roller Dan Pendestrian Roller, Operator Road Roller (TM 008) SKT
15. Operator Dump Truck, Operator Dump Truck (TM 019) SKT
16. Mekanik Alat Barat, Mekanik Alat Barat (TM 027) SKT
Yang kesemuanya itu wajib di hadirkan di lapangan.” Paparnya.

Dalam Dokumen lelang di tekankan kepada pihak rekanan oleh panitia lelang pekerjaan tersebut untuk membuktikan kefalid-an persyaratan PERSONIL INTI. Pada saat pembuktian kualifikasi terhadap peserta yang memenuhi persyaratan kualifikasi, harus memperlihatkan Asli Sertifikat Tenaga Ahli (SKA) dan asli Sertifikat Keterampilan (SKT), Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP), Asli Ijazah yang masih berlaku. Apabila persyaratan yang diminta tidak dapat dipenuhi maka dinyatakan gugur.

Lalu adakah kehadiran para TENAGA AHLI/ PERSONIL INTI tersebut berada dilapangan. ABD menjelaskan. “Mengenai Absensi keberadaan para PERSONIL INTI perusahaan rekanan harus menjadi prioritas pengawasan untuk mencapai pelaksanaan teknis yang sesuai dengan harapan owner. Kealfa-an PERSONIL INTI di lapangan akan menimbulkan kerancuan dalam pelaksanaan pekerjaan hingga resiko segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan teknis pekerjaan akan menjadi korban. Bila hal tersebut terjadi, maka mutu dan kwalitas hasil pekerjaan akan dipertanyakan secara teknis.” Paparnya.

“TENAGA AHLI/ PERSONIL INTI adalah bagian dari kunci keberhasilan suatu pekerjaan. Keberhasilan pekerjaan tersebut adalah keinginan pemerintahan Kab. Tanjab Barat yang mengatasnamakan masyarakat Tanjab Barat, Dananya tidak kecil itu. Meraih dana DAK itu susah, harap rekanan mengerti dan mengutamakan keprofesionalan dalam bekerja.” Tukasnya. (srB)

Komentar