Terkait Tiang Lampu RORO, Pondasi Tiang Decorative Berukuran 50 X 50 X 120 CM. Benarkah?

Kuala Tungkal – Bidas. Terkait dugaan terhadap pelaksanaan Pengadaan dan pemasangan tiang lampu jalan menuju pelabuhan roro pada Item pekerjaan pondasi tiang decorative (50 X 50 X 120 CM) yang tak memiliki gambar rencana kerja dalam lelang pekerjaan tersebut berbuntut pada pelaksanaan dilapangan yang diduga pondasi tiang decorative di kerjakan tak sesuai spesifikasi.

Menurut RA, yang tak bersedia namanya disebutkan dalam pemberitaan mengatakan. “Ukuran pondasi tiang decorative (50 X 50 X 120 CM) disinyalir dikerjakan tidak sesuai dengan spesifikasi pekerjaan. Dalam pembuatan pondasi tiang decorative disinyalir menggunakan cerucup Dia 10 Cm X 2 Meter dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pekerjaan tersebut.” Ungkapnya.

“Bila dalam RAB pengadaan cerucup Dia 10 Cm X 2 Meter diminta sebanyak 1000 Batang, untuk pemasangan tiang lampu octagonal minimalis modern model perahu layar dengan tinggi 9 Meter, 1 Lengan adalah 100 Unit. Maka untuk setiap pondasi tiang decorative seharusnya menggunakan cerucup Dia 10 Cm X 2 Meter sebanyak 10 Batang. Seperti itukah yang telah dilaksanakan oleh pelaksana, jangan sampai ada main mata antara pelaksanan dengan pengawas lapangan.” Tambahnya.

“Dan ukuran pondasi tiang decorative yang tingginya 120 CM apakah sudah benar, atau satuan ukuran yang telah di patenkan di dunia ini berubah. Sehingga terjadi penciutan terhadap tinggi dari pondasi tiang decorative. Mengapa terkesan adanya pembiaran terhadap pekerjaan pondasi tiang decorative ini oleh pihak pengawas dan dinas terkait.” Pungkasnya.

Pekerjaan Item pondasi tiang decorative disinyalir menggunakan cerucup Dia. 10 CM X 2 M sebanyak 10 batang pada tiap pondasi tiang decorative yang berjumlah 100 Unit, sedangkan ukuran pondasi tiang decorative (50 X 50 X 120 CM) tak terlihat korelasi dilapangan pekerjaan. Lalu rekanan pelaksanakah yang keliru, atau pihak Dinas selaku owner serta panitia lelangkah yang keliru. (st)

Komentar