Tidak Ada PUNGLI Di Tanjab Barat, Katanya sih..

Hukum1,861 views

Kuala Tungkal – jurnalbidas.com. Sejak dibentuknya Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (SABER PUNGLI) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 sampai saat ini tak ada satupun kasus “PUNGLI” di Kab. Tanjab Barat yang terindikasi, hingga kegiatan SABER PUNGLI cukup sebatas sosialisasi.

Anehnya, pada pembukaan kegiatan Sosialisdasi Pencegahan Pungutan Liar (PUNGLI) oleh Tim Pokja Pencegahan Unit Pemberantasan Pungli Provinsi Jambi. melalui sambutannya, Bupati Tanjab Barat yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tanjab Barat, H. Amir Sakib mengatakan “pungli yang dilakukan oleh oknum – oknum tertentu sebenarnya sudah lama terjadi dan sudah menjadi kebiasaan dalam penyelenggaraan pelayanan masyarakat.” menurutnya.

Terpisah, menurut Ketua LSM-Petisi28, Syarifudin. AR mengatakan bahwa dalam sambut itu jelas mengindikasikan adanya praktek pungli. “Indikasi praktek pungli itu tersirat dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Wakil Bupati, tapi bertolak belakang dengan bukti tidak adanya kasus pungli yang ditemukan oleh SABER PUNGLI dari mulai dibentuk hingga saat ini.” Ungkapnya, (27/9).

“Bidang pelayanan seperti Keuangan, perizinan, dan lain – lain haruslah menjadi prioritas SABER PUNGLI dalam mencegah setiap dugaan pungli, karena dalam sambutan tersebut menitik beratkan bidang pelayanan terlebih keuangan yang bersentuhan langsung dengan pencairan para kontraktor (yang selama ini digadang-gadangkan sebagai lahan basah)” Timpalnya.

Kab. Tanjab Barat merupakan daerah yang bebas pungli sampai saat ini karena tak adanya kasus pungli yang mencuat, tidak ada dipelabuhan meski retribusi di pungut tanpa mengeluarkan izin berlayar dari speedboat, tidak ada di bidang pelayanan perizinan bahkan keuangan meski desas desus dugaan pungli berhembus kencang bahkan menjadi buah bibir masyarakat. (St*2)

Komentar